Siapakah Nenek Moyang Orang Jawa


Ternyata penghuni pertama pulau Jawa nasabnya tidak terlalu jauh dari nabi Adam

Anda sedang berada di situs halojowo.com

Anda juga bisa buka You Tube lalu cari HALO JOWO 😃

Kali ini saya akan coba berbagi informasi tentang asal-usul orang Jawa. Siapa yang diturunkan di tanah Jawa pertama kali? Siapa cikal bakal wong jowo?

Yang saya tulis di sini tentu saja bukan karangan saya sendiri. Ada sumbernya. Bisa berupa literatur kuno, cerita turun temurun, hasil penelitian dan buku karangan ahli Jawa. Saya sendiri bukan ahli Jawa. Saya hanyalah wong Jowo yang tertarik dengan segala hal tentang Jawa.









Halo Jowo
Ternyata nenek moyang orang Jawa tidak sembarangan loh. Langsung dari nabi Adam. Hebat kan? Ya iyalah semua manusia kan keturunan nabi Adam. Bukan. Bukan itu maksudnya. Maksudnya adalah nabi Adam punya putra. Namanya Sis. Di Islam kita mengenalnya dengan nama nabi Sis. Lalu Sis berputra Nurcahya. Nurcahya punya anak laki-laki bernama Nurasa. Nurasa lalu menurunkan keturunan bernama Sanghyang Wening. Sanghyang Wening punya anak bernama Sanghyang Tunggal. Lalu sanghyang Tunggal berputra Batara Guru. Batara Guru ini punya 5 orang putra-putri: Batara Sambo, Batara Brama, Batara Maha Dewa, Batara Wisnu dan Dewi Sri.


Nah Batara Wisnu inilah yang kemudian menjadi raja di tanak Jawa dan bergelar Prabu Set. Tanah Jawa sangat makmur karena subur dan mengasilkan banyak kekayaan alam. Suatu hari ketika sedang berkelana Batara Wisnu melihat seorang gadis yang cantik. Dialah Putri Mendang. Batara Wisnu jatuh cinta dan menikahi Putri Mendang. Kasihan sang Prabu Set ini karena dia tidak tahu bahwa sebenarnya Putri Mendang ini adalah kekasih ayahnya. Batara Guru sendiri sudah berniat menjadikan Putri Mendang sebagai permaisurinya. Tentu saja Batara Guru marah besar, lha wong calon istri kok didondol anak sendiri. Batara Guru lalu mengutus Batara Narada untuk mengambil alih kerajaan Jawa. Merasa mendapat hukuman dari ayahnya Batara Wisnu lalu memilih meninggalkan kerajaan dan istrinya. Dia menuju ke tengah hutan. Setelah menemukan pohon beringin berjajar tujuh dia bertapa di bawahnya

Nah itu saja dulu ya cerita saya kali ini. Masih ada lanjutannya kok. Kapan-kapan insya Allah saya sambung lagi.

8 Responses to "Siapakah Nenek Moyang Orang Jawa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel